Rabu, 01 Februari 2012

Quilting - Sebuah Kerajinan Tangan Yang Unik & Indah

A quilt is a type of bed cover, traditionally composed of three layers of fiber: a woven cloth top, a layer of batting or wadding and a woven back, combined using the technique of quilting. A quilt is distinguishable from types of blankets because it is pieced together with several pieces of cloth. “Quilting” refers to the technique of joining at least two fabric layers by stitches or ties. -- Wikipedia


Siapa yang menyangka bahwa kain perca (sisa kain yang sudah tdk terpakai), bisa dijadikan sebuah hasil karya yang unik dan sangat indah seperti gambar di atas. Inilah yang dinamakan quilting, seni menggabungkan kain perca dengan ukuran dan potongan tertentu sehingga membentuk motif-motif yang unik. Berbagai produk yang bisa dihasilkan dari seni quilting ini misalnya adalah bed cover, selimut, taplak meja, sarung bantal, keset, bentuk dekorasi, baju, dll. 

 

Jenis kain yang bisa dipakai untuk membuat hasil kerajinan quilting sangat bervariasi. Biasanya kain katun adalah jenis kain yang paling umum digunakan untuk quilt. Ada juga toko-toko khusus quilting yang menjual bahan kain yang khusus digunakan untuk membuat quilt. Kain-kain tersebut dipajang dengan sangat rapi dan diatur sesuai dengan teknik komposisi warna atau tema. Harganya berkisar antara 5-15 dollar per setengah meter. Tapi kalau kita mau cari bahan kain perca yang cukup murah biasanya kita bisa menemukan itu di daerah Tanah Abang Jakarta atau Gang Tamim di Bandung.


Bila melihat proses pembuatan quilt yang cukup rumit, memang sepertinya tidak sembarang orang bisa mengerjakannya. Seseorang harus memiliki ketelitian, kerapihan dalam menyusun sambungan-sambungan kain, kemampuan dalam memadukan warna, dan tentunya ketekunan. Bagi orang yang sudah terbiasa menjahit mungkin akan lebih mudah. Tapi bagi yang tidak mengenal benang dan jarum biasanya perlu usaha yang ekstra untuk mempelajari seni ini. Saat ini kita bisa mencari buku panduan tentang belajar seni quilting di toko-toko buku ataupun melalui internet. Selain itu ada juga tempat kursus quilt yang di dalamnya kita bisa dibimbing dan dibantu sehingga bisa mempelajari teknik-tekniknya dengan lebih mudah dan cepat. Belajar sendiri melalui buku panduan ataupun ikut kursus, tetap saja memerlukan waktu dan ketekunan. Setelah bisa menguasai seni quilt ini, kita bisa mengembangkan kemampuan dengan membuat pattern-pattern lain. Biasanya, di dalam buku teknik quilting bisa tersedia 5.500 pattern. Jadi dalam seni quilting ini pattern bisa dimodifikasi sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Ada salah satu buku panduan tentang seni quilting dengan berbagai macam contoh pattern yang saya temukan di internet, bisa dilihat di sini -> Quilt Patterns


Jika sudah menghasilkan banyak karya, kita bisa memamerkan hasil karya kita di event-event yang biasa diadakan di tempat-tempat umum seperti pameran, expo, atau bazaar. Bahkan jika kita cerdik, itu bisa dijadikan sebuah lahan bisnis baru. Di Indonesia, beberapa orang mungkin sudah mengenal seni quilting, meskipun tidak terlalu banyak. Maka justru di sinilah kesempatan untuk mengenalkan seni quilting ini kepada masyarakat. Di Bali, seni quilting ternyata sudah dijadikan industri kecil. Kain batik produksi dari Bali sangat disukai oleh para quilter di dunia. Oleh karena itulah para seniman Bali biasanya memadukan design pattern dengan berbagai macam jenis kain batik. Dan hasil karya mereka pun dipasarkan sampai ke tingkat internasional.

Belajar caranya membuat quilt ->  How To Do Quilting

Tentang bisnis quilting ->  Quilting Business


Photobucket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar